4 HIDANGAN UNIK BERBAHAN DASAR KENTANG
Posted

Sumber karbohidrat tidak hanya di dapat dari nasi namun bisa juga dari bahan makanan lain, misalnya kentang. Jenis umbi-umbian yang berasal dari Amerika Selatan ini dapat divariasikan menjadi berbagai menu lezat seperti baked potato, potato muffins, salad dan doughnuts.

Bagi yang ingin mengurangi asupan nasi, bisa memilih olahan kentang sebagai penggantinya. Satu kentang berukuran sedang mengandung kurang lebih 150 kalori saja. Sedangkan dalam satu piring nasi bisa mengandung sampai 240 kalori.

Nah, berikut ini olahan kentang yang lezat dan gampang dibuat di rumah:

1. Baked Potato Wedges

Pasti enak banget kalau makan kentang goreng dengan saos, tapi kan niat mau mengurangi asupan kalori. Jika kentang digoreng, jumlah kalori pasti akan bertambah dari minyak. Sobat Taysters bisa coba nih Baked Potato Wedges.

Cara membuatnya mudah kok, pertama cuci bersih kentang lalu dipotong memanjang. Setelah itu bumbui kentang dengan garam, bawang putih yang telah dicincang dan 2 sendok makan minyak zaitun. Panggang dengan suhu 205 celcius, setelah 20 menit keluarkan panggangan lalu taburkan dengan keju parmesan.

Setelah selesai menaburkan keju, masukkan kembali kentang ke dalam oven dan tunggu 10 menit maka hidangan siap untuk disantap.

Baked Potato Wedges

Baked Potato Wedges

2. Potato Muffins

Saat santai di rumah, kamu bisa menghabiskan waktu dengan mencoba resep baru di dapur. Nah, Potato Muffins bisa dijadikan sebagai bahan percobaan kamu.

Untuk membuatnya kamu hanya merebus kentang dan tambahkan garam ke dalam air. Setelah matang, tumbuk kentang hingga halus. Lalu campurkan satu telur, potongan daun bawang, bawang putih dan keju cheddar. Cetak ke dalam loyang muffin, dan masak di oven selama 30 menit dengan suhu 200 celcius.

Potato Muffins

Potato Muffins

3. Crispy Potato Doughnuts

Donat merupakan makanan yang sudah tak asing lagi di telinga kita. Bentuknya bulat dan memiliki lubang di tengah berbentuk cincin adalah ciri khas dari makanan ini. Biasanya kentang sering sekali menjadi tambahan untuk membuat donat agar lebih lembut teksturnya. Tapi, kali ini kita tidak akan membuat donat lembut melainkan donat crispy. Kamu bisa membuatnya dengan Tricks Baked Potato Crisps. Untuk resep lengkapnya dapat langsung dilihat di sini.

Crispy Doughnuts

Crispy Doughnuts

4. Potato Skin Salad

Sehabis membuat olahan kentang, banyak sekali kulit kentang yang terbuang. Sekarang kamu bisa bisa bikin dua menu makanan dengan satu kentang! Kulit kentang yang biasa dibuang itu ternyata bisa digunakan untuk membuat salad.

Kamu hanya perlu menyiapkan brokoli, keju, lada dan garam. Susun kulit kentang di atas loyang, lalu susun brokoli serta keju di atasnya. Terakhir, kamu panggang di dalam oven dengan suhu 200 celcuis selama 5 menit.

Potato skin salad

Potato Skin Salad

Itu tadi keempat resep olahan kentang yang bisa kamu buat. Kalau Taysters ingin melihat resep-resep makanan lainnya dapat mengunjungi laman resep kami. Selamat mencoba!

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+