Posted

Pecinta kuliner negeri para idola K-pop pasti sudah gak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Yap, kimchi adalah makanan tradisional dan menjadi trademark negara Korea Selatan. Sebelum kita makan Kimchi, perlu diketahui bahwa makanan ini adalah menu wajib yang disajikan sebagai lauk-pauk pendamping atau lebih dikenal dengan banchan.

Kimchi merupakan sajian wajib berupa sayuran yang difermentasi. Makanan ini bisa dibuat dari berbagai jenis sayur, yang paling terkenal adalah baechu kimchi atau kimchi dari sawi putih. Ga hanya untuk jadi pendamping makan saja loh, ternyata kimchi juga bisa dijadikan berbagai menu lezat.

Berikut 5 cara asyik makan kimchi yang wajib dicoba:

1. Burger Kimchi

Nah, biasanya burger berisi daging dan acar, tapi kali ini kamu bisa menggantinya dengan kimchi. Rasa burgernya pun otomatis menjadi berbeda, dengan rasa asam dari kimchi bercampur dengan sensasi gurih khas patty. Cara membuat Burger Kimchi ini juga gampang banget loh. Cukup sediakan satu tangkap roti burger, lalu satu slice keju, serta kimchi. Gabungkan keju serta kimchi, Jadi deh Burger Kimchi!

Burger Kimchi

Burger Kimchi

2. Nasi Goreng Kimchi

Ga hanya di Indonesia, sajian nasi goreng juga terdapat di Korea loh. Orang Korea biasa menyebutnya Kimchi Bokkeumbap. Cara membuatnya cukup sederhana, hanya perlu mencampurkan kimchi dengan nasi dan diberikan bumbu khas Korea gochujang (pasta cabai) dan bahan-bahan kesukaan kamu. Campur semua bahan dan goreng deh. Untuk resep lengkapnya dapat dilihat di sini 

Nasi goreng kimchi

Nasi Goreng Kimchi

3. Pizza Kimchi

Bagi penyuka pizza, kamu bisa nih mencoba variasi dalam menikmati pizza khas benua Eropa. Yap, bisa dicoba pizza rasa Asia dengan menggunakan kimchi sebagai toppingnya. Cara membuatnya juga mudah sekali, cukup sediakan pizza dough bisa dibeli di supermarket terdekat. Lalu saos, daging asap, keju dan jangan lupa kimchi.

Olesi pizza dough dengan saos tomat lalu susun semua bahan-bahan diatas pizza. Jika kamu tidak punya oven, kamu bisa panggang pizza di atas teflon. Jangan lupa saat memasak api harus kecil yah sehingga tidak gosong.

Pizza Kimchi

Pizza Kimchi

4. Crispy Kimchi

Kimchi selalu identik dengan sayur-sayur di fermentasikan, tapi udah pernah coba belum crispy kimchi? Yap, ini nih varian Tricks yang mempunyai citarasa otentik Asia, salah satunya kimchi. Ga perlu jauh-jauh makan kimchi ke restoran Korea, kamu cukup beli Tricks di supermarket terdekat loh. Tricks kimchi bisa kamu beli di Alfamidi, 7 Eleven, Lawson dan supermarket Rezeki.

Chips_3

Tricks Kimchi

5. Pancake Kimchi

Pancake tidak hanya dominan dengan citarasa manis, bisa juga loh dibuat gurih. Seperti di Korea terdapat pancake yang dibuat dengan kimchi. Biasa disebut kimchi buchimgae di Korea, sajian ini mengkombinasikan kimchi dengan tepung, telur dan berbagai bumbu tambahan kemudian dimasak seperti pancake pada umumnya. Yuk coba buat pancake kimchi, bisa dilihat resep di sini.

Savory-Kimchi-Pancake-Overhead-T

Pancake Kimchi

Itu tadi 5 cara asyik makan kimchi yang wajib dicoba, Selamat mencoba Taysters!

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+