Posted

Bagi Taysters yang suka mendaki, pegunungan di Jawa Barat mempunyai kesan tersendiri yang membuat kita ingin berada di puncaknya. Rangkaian pegunungan di Jawa Barat mempunyai keindahan alam serta kesuburan tanah yang tidak diragukan lagi. Keindahan alamnya menjadikan Jawa Barat bak primadona wisata bagi turis terutama di daerah pegunungan.

Daripada cuma mendengar betapa indahnya pegunungan di Jawa Barat, lebih baik mulai rencanakan untuk tahun 2017 untuk pendakian dan membuktikan keindahan alamnya. Berikut ini rekomendasi dari Tays Bakers, 5 gunung di Jawa Barat yang wajib kamu daki.

Gunung Ciremai

Gunung tertinggi di Jawa Barat yang memiliki ketinggian 3078 Mdpl merupakan salah satu gunung impian bagi para pendaki. Terletak di tiga wilayah Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Gunung Ciremai terdapat kawah aktif yang sangat lebar, dengan  kedalaman yang cukup membuat hati gentar. Selain itu juga terdapat sebuah goa yang diberi nama Goa Walet yang terbentuk dari adanya letusan pada jaman dulu.

 kawah-gunung-ciremai-dihajakcomKawah Gunung Ciremai

Terdapat 3 jalur pendakian yang bisa dilalui untuk mencapai titik tertinggi dari gunung ini. Jalur pertama dari Majalengka, jalur kedua dari Palutungan dan yang terakhir melalui Linggarjati. Tiap-tiap jalur menyimpan sensasi tersendiri bagi para pendaki. Namun yang paling banyak dilewati yaitu Jalur Linggarjati, memiliki jalur yang berat dan terjal, sehingga menantang bagi para pendaki.

jalur-pendakian-gunung-ciremai

Jalur Pendakian Gunung Ciremai

Gunung Papandayan

Bagi yang hobi mendaki gunung, tapi tidak punya banyak waktu untuk pendakian panjang bisa coba nih ke Gunung Papandayan. Gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat, dengan ketinggian 2.622 meter di atas permukaan laut (mdpl) memiliki jalur pendakian yang tidak terlalu panjang dan tidak memakan waktu yang lama.

papandayan_-_4

Trek Gunung Papandayan

Saat berada di Gunung Papandayan kamu juga disuguhkan dengan padang bunga edelweiss yang sangat mempesona.

img20160717074331

Bunga Edelweiss

for_tricks_edelweis

Padang Bunga Edelweiss

Taysters hanya perlu waktu 2 hari untuk mendaki di Gunung Papandayan, tetapi tetap keindahan panorama gunung sangat mempesona.

papandayan_-_3

Keindahan Gunung Papandayan

 tricks pasti ngetrip

 Tricks cocok jadi cemilan saat camping

Jadi, kalau kamu butuh refreshing tapi ga punya cukup waktu bisa traveling ke lima tempat ini. Sedia Tricks setiap saat, karena namanya traveling pasti butuh cemilan kan untuk pengganjal perut lapar.

Gunung Gede – Pangrango

Gunung kembar ini menjadi daya tarik sendiri bagi pendaki yang tinggal di Jabodetabek karena berada di 3 wilayah, Kabupaten Cianjur, Bogor, dan Sukabumi. Terletak sangat berdekatan dan masih di dalam kawasan Taman Nasional , Gunung Gede memiliki ketinggian 2.958 Mdpl sedangkan Gunung Pangrango 3019 Mdpl.

taman-nasional-gunung-gede-pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Selain menawarkan pemandangan ciamik di puncak, Gunung Gede juga punya tempat yang menjadi salah satu daya tarik utama yakni Alun-Alun Suryakencana. Alun-alun Suryakencana merupakan salah tempat terbaik di Indonesia untuk menikmati indahnya sang bunga abadi: Edelweis. Gunung Pangrango pun juga memiliki padang rumput luas dan terdapat bunga Edelweis pula.

alun-alun-surya-kencana

Alun-alun Surya Kencana

Karena menjadi langganan para pendaki, di berlakukan sistem booking 3 sampai 30 hari sebelum pendakian. Jumlah pendaki pun dibatasi untuk meminimalisir kerusakan ekositem yang terjadi akibat ulah yang disengaja maupun tidak dari pada pendaki. 300 pendaki bagi yang melalui jalur Cibodas, 200 pendaki yang melewati jalur Gunung Putri, dan 100 bagi yang melewati jalur Selabintana.

Gunung Patuha

Jika mendengar nama Gunung Patuha msih terdengar asing, tetapi jika dikasih tahu Kawah Putih pasti langsung tahu. Nah, Kawah Putih merupakan sebuah kawah akibat dari letusan Gunung Patuha yang memilki ketinggian 2.386 Mdpl. Jalur pendakian gunung Patuha ada 1 jalur saja, yaitu jalur Peucling yang terletak 1 km sebelum plang masuk Kawah Putih.
kawah-putih-gunung-patuha

Kawah Putih di Gunung Patuha

Gunung Cikuray

Menjulang setinggi 2.821 mdpl, Gunung Cikuray berada di Kabupaten Garut. Gunung Cikuray  merupakan gunung yang tidak aktif dan identik dengan bentuknya yang menyerupai kerucut raksasa. Dari puncak gunung, kamian bisa memandang keindahan pemandangan seluruh kota Garut hingga ke pantai selatan. Apalagi saat pagi hari, sunrise akan terlihat sangat mempesona.

sunrise-cikuray

Sunrise diatas puncak Gunung Cikuray

Jalur pendakian gunung Cikuray mempunyai tantangan tersendiri karena sangat sulit dan unik. Namun bagi Taysters yang suka mendaki pastinya menjadi tantangan untuk menaklukan gunung ini.

Itu tadi 5 referensi buat Taysters yang ingin menaklukan Gunung-gunung di Jawa Barat. Jangan lupa bawa Tricks untuk bekal selama disana, karena simpel banget dan ringan untuk dibawa selama pendakian.

 

 

 

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+