Kuliner Olahan Kentang
Posted

Kentang merupakan sumber karbohidrat selain nasi yang dapat memberikan energi untuk beraktivitas setiap harinya. Tidak hanya di Indonesia, Semua negara di dunia mempunyai cara masing-masing dalam mengolah kentang. Yuk, disimak 7 kuliner olahan kentang dari berbagai negara ini:

 

Makanan Olahan Kentang Perkedel

Makanan olahan kentang ini pastinya Taysters sudah tahu sekali, perkedel merupakan kuliner olahan kentang asal Indonesia. Biasanya perkedel menjadi pendamping makan soto, sup, nasi uduk, nasi kuning hingga nasi padang. Makanan ini dibawa oleh Belanda ke Indonesia dengan nama frikadel.

Kuliner Olahan Kentang

Perkedel Kentang

Cara membuatnya pun sangat mudah, potongan kentang di goreng lalu dihaluskan. Taysters bisa menambahkan daging cincang ke dalam adonan perkedel. Jangan lupa berikan bawang putih goreng yang sudah dihaluskan, merica dan garam.  Lalu dibentuk bulat pipih dan celupkan kedalam telur yang telah dikocok. Perkedel siap digoreng dan disajikan.

Olahan Kentang Panggang Potato Gratin

Kata gratin berasal dari bahasa Prancis yang berarti hidangan yang dipanggang sampai lapisan luarnya kecokelatan. Biasanya kentang dijadikan bahan utama untuk membuat masakan ini. Kuliner olahan kentang ini biasa disajikan sebagai hidangan natal dan dimakan bersama.

Bahan potato gratin hanya kentang, keju, krim, garam, lada, dan bawang putih. Iris-iris kentang dan ​taruh​ di dalam loyang. Taburi keju ​parut ​di atasnya dengan herba kering. Lapisi lagi kentang iris di atasnya sampai merata.

Kuliner Olahan Kentang

Potato Gratin

Tuang krim yang sudah dicampur dengan herba kering dan bawang putih. Panggang hingga matang, lalu taburi bagian paling atas lagi dengan keju, mentega, dan tepung roti. Kemudian panggang lagi hingga keju meleleh.

Olahan Kentang Gamja Jorim

Gamja jorim merupakan makanan pelengkap (banchan) di Korea. Hidangan khas Korea ini mempunyai citarasa manis gurih.  Biasanya orang Korea membuat dalam jumlah banyak lalu dimasukkan ke dalam kulkas. Gamja Jorim bisa awet sampai 3 minggu di dalam kulkas, cukup panaskan selama 5 menit untuk memakannya. Taysters bisa melihat cara membuatnya di sini.

Kuliner Olahan Kentang

Gamja Jorim

Roschti

Pancake asal Swiss ini terbuat dari kentang sebagai bahan utamanya. Cara membuatnya pun sangat gampang, kentang yang telah dipotong tipis-tipis memanjang dicampurkan dengan susu dan mentega. Jangan lupa tambahkan garam dan lada sesuai selera. Diamkan adonan roschti selama beberapa saat dan goreng diatas teflon dengan sedikit minyak. Sajikan kuliner olahan kentang roschti dengan sour cream atau mustard.

Kuliner Olahan Kentang

Roschti

Olahan Kentang Imo Mochi

Imo mochi atau mochi kentang adalah makanan tradisional dari Hokkaido berbentuk bola bola kentang. Kuliner olahan kentang ini berasal ketika orang Hokkaido menggunakan labu dan kentang sebagai ganti nasi untuk membuat mochi karena persediaan yang melimpah. Ada juga yang menggunakan keju sebagai isian dan banyak terdapat di toko oleh-oleh di Hokkaido.

Kuliner Olahan Kentang

Imo Mochi

Kumpir

Kumpir merupakan jajanan populer di Turki berupa kentang panggang isi. Kuliner olahan kentang dipanggang menggunakan alumunium foil, lalu setelah matah dipotong menjadi dua. Tidak lupa diberikan mentega, keju, sosis, jagung, saos tomat dan mayones.
Taysters bisa menemukan kumpir dijajakan di tepi jalan atau pasar malam.

Kuliner Olahan Kentang

Kumpir

Batata Harra

Kuliner olahan kentang ini biasa dimakan saat berbuka puasa bulan Ramadhan di Lebanon. Batata Harra merupakan kentang goreng pedas. Cara pembuatannya pun cukup sederhana, bahannya terdiri dari kentang, paprika merah, ketumbar, cabai, dan bawang putih yang kemudian digoreng bersama dengan minyak zaitun. Bisa juga ditambah irisan daun ketumbar untuk menambah rasa dan aromanya.

Kuliner Olahan Kentang

Batata Harra