Posted

Tidak dipungkiri Korean wave sangat terasa di negara kita, Indonesia. Dari mulai kultur, KPop, hingga makanan semua orang Indonesia ingin tahu dan merasakannya. Seperti halnya makanan Korea, ternyata ada loh yang mirip dengan makanan Indonesia. Mau tahu apa saja? Simak artikel dibawah ini:


Japchae – Bihun Goreng

Japchae merupakan makanan Korea Selatan yang biasa disajikan sebagai side dish saat makan. Kuliner Korea japchae adalah masakan korea yang berupa bihun Korea yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan daging sapi. Nah, makanan Indonesia pun juga ada loh yang mirip dengan Japchae yaitu bihun goreng.

makanan Korea

Japchae

Bihun Goreng

Kedua makanan ini mempunyai kesamaan dari bahan utama yaitu bihun dan cara memasaknya. Letak perbedaan dari japchae dan bihun goreng terletak pada bumbunya dimana Japchae hanya pakai bawang putih, minyak wijen, gula dan kecap asin. Sedangkan bihun goreng memakai bumbu lengkap dan tambahan kecap manis.

Baca juga: 5 Kuliner yang harus dicoba saat berkunjung ke Korea

Kkultarae – Gulali

Cemilan manis bernama kkultarae merupakan cemilan khusus raja-raja di Korea zaman dahulu. Seiring dengan perkembangan zaman, kkultarae sudah banyak dijual dan dapat dinikmati oleh semua kalangan. Bentuknya mirip sekali dengan gulali dari Indonesia. Yang membedakan kkultarae memiliki isian cacahan kacang sedangkan gulali tanpa isian dan memiliki warna terang.

Makanan Korea

KKultarae

Tricks dengan Gulali

Baca juga: Pesona kuliner Korea ada di Tricks kimchi

Gomtang- Sop Buntut

Gomtang sangat mirip dengan makanan Indonesia yaitu sop buntut. Sama-sama menggunakan bagian buntut sapi, gomtang dan sop buntut sangat segar saat disantap dengan nasi hangat. Cara penyajiannya pun hampir sama, yang membedakan sop buntut diberikan beberapa tambahan sayuran dan bumbu dapur untuk menambahkan cita rasa khas Indonesia.

makanan Korea

Gomtang

Sop Buntut

Baca Juga: 5 Snack Korea saat musim dingin tiba

Tteok – Kue Mochi

Ttteok dan kue mochi memiliki bahan dasar yang sama yaitu dari tepung beras. Isiannya pun juga sama menggunakan kacang tumbuk. Bahkan tteok juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh untuk kerabat sama seperti kue mochi asal Indonesia.

makanan Korea

Tteok

Jeungpyeon dan Kue Apem

Jeungpyeon dan kue apem sangat mirip karena terbuat dari tepung beras dan bercita rasa manis. Apalagi jika sekilas melihat bentuknya mirip sekali. BiasanyaJeungpyeon disajikan saat musim panas dan difermentasi dengan anggur, sedangkan kue apem difermentasikan dengan ragi. Kue apem disajikan dengan parutan kelapa muda diatasnya.

Makanan Korea

Jeungpyeon

Kue Apem

Baca juga: 5 Restoran Korea di Jakarta yang wajib dikunjungi

Gangjeong – Jipang

Cemilan manis asal Korea Selatan Gangjeong sangat mirip dengan cemilan Indonesia Jipang. Apalagi bahan bakunya sama-sama terbuat dari beras dan enak dijadikan pendamping minum teh.

Makanan Korea

Ganjeong

Dakkochi – Sate Ayam

Korea Selatan punya makanan yang mirip dengan sate ayam,Dakkochi. Daging ayam yang ditusuk dengan tusukan bambu kemudian dibakar. Meski sekilas mirip dengan sate ayam, namun Dakkochi dan Sate Ayam memiliki perbedaan yang terletak pada rasa karena memiliki bumbu yang berbeda.

Makanan Korea

Dakkochi

Sate Ayam