Sajian Kuliner Natal
Posted

Natal akan segera tiba! Natal merupakan hal yang istimewa bagi seluruh anggota keluarga dan teman terdekat. Agar suasana Natal semakin istimewa, berbagai jenis sajian istimewa dihidangkan saat Natal. Tidak hanya di Indonesia, berbagai negara memiliki sajian untuk merayakan Natal. Yuk intip, 7 sajian kuliner Natal di berbagai negara.

Kurisumasu Keiki – Jepang

Tidak hanya sushi, ramen, dan takoyaki saja yang menjadi daya tarik kuliner khas Jepang. Ada lagi makanan bernama kurisumasu keiki yang memiliki arti kue Natal.

Sajian Kuliner Natal

Kurisumasu Keiki

Sejak 1910, kue ini mulai menghiasi meja makan malam dan menjadi sajian kuliner Natal. Bentuknya mirip kue ulang tahun pada umumnya. Biasanya, kue ini terdiri dari strawberry sponge cakes dengan whipped cream, dan buah strawberry.

Kalkun Panggang – Amerika Serikat

Natal di Amerika Serikat tidak bisa dilewatkan tanpa kehadiran kalkun. Biasanya kalkun panggang diisi dengan herba, gravy, jamur, smoked bacon, apel, bawang bombay dan lainnya.

Sajian Kuliner Natal

Kalkun panggang

Kalkun panggang merupakan tradisi yang berawal pada hari Thanksgiving. Jutaan orang Amerika senang menikmati santap malam dengan kalkun. Kemudian berlanjut menghidangkan kalkun hingga menjadi sajian kuliner Natal.

Baca juga: 5 Resep Kue Natal

Buche de Noel – Prancis

Masyarakat Prancis percaya membakar batang kayu di malam Natal bakal mendatangkan keberuntungan dan kemakmuran. Seiring waktu, mitos itu dijadikan  sajian lezat khas Natal. Namanya Yule log atau Buche de Noel.

Sajian Kuliner Natal

Buche de Noel

Kue tradisional asal Prancis ini dibentuk menyerupai batang pohon. Buche de Noel ini dipercaya memberikan perlindungan terhadap api atau kebakaran dan menjadi sajian kuliner Natal di Prancis. Namun jangan ragukan kelezatannya, karena kue ini merupakan paduan butter cream cokelat atau kopi.

Feast of Seven Fishes – Italia

Saat malam Natal, orang Italia mempunyai tradisi menikmati tujuh hidangan laut sebagai sajian kuliner Natal. Menu ikan ini terdiri dari lobster, sarden, ikan cod, cumi-cumi, gurita, udang, tiram, dan lainnya. Makanan ini biasanya juga disajikan bersama pasta, sayuran, dan wine.

Sajian Kuliner Natal

Feast of Seven Fishes

Risgrynsgröt – Swedia

Sajian kuliner Natal selanjutnya berasal dari Swedia yang rasanya sangat manis.  Risgrynsgröt merupakan makanan tradisional berupa puding beras dan kayu manis yang populer di Swedia.

Biasanya dijadikan sebagai hidangan penutup saat makan di malam Natal. Uniknya, dalam penyajian ada sebuah almond yang diam-diam dicampurkan ke dalam mangkuk pudding. Siapa yang mendapatkan almond dipiringnya akan menikah pada tahun depan.

Sajian Kuliner Natal

Risgrynsgröt

Baca juga: Resep Istimewa Natal

Flaekesteg – Denmark

Denmark, negara yang terletak di kawasan Eropa Utara ini kerap menyajikan angsa, bebek, atau daging babi panggang yang dibungkus dengan kulit renyah (flaekesteg) saat Natal. Hidangan tersebut biasanya disajikan dengan kentang rebus, kubis merah dan saus tradisional yang menggugah selera.

Sajian Kuliner Natal

Flaekesteg Denmark

Chiles en Nogada, Meksiko

Meksiko terkenal dengan masakannya yang menggunakan bahan dasar jagung atau tortila, seperti tacos. Namun, saat Natal, orang Meksiko biasanya merayakan dengan chiles en nogada.

Sajian Kuliner Natal

Chiles en Nogada

sajian kuliner Natal ini terbuat dari daging yang dimasak dengan poblano pepper dan aneka rempah lainnya. Ciri khasnya dapat dilihat dari warnanya. Ada hijau dari cabai, putih dari krim walnut, dan merah dari buah delima.

Itu tadi 7 sajian kuliner Natal beberapa negara. Nah, kalau Taysters makanan apa yang harus ada saat Natal nanti?

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+