tempat bernuansa alam di Jakarta
Posted

Melakukan rutinitas sehari-hari serta merasakan hiruk pikuk kota Jakarta membuat kita penat. Refreshing sejenak tanpa perlu bepergian jauh merupakan salah satu cara untuk mengembalikan mood kita.

Ternyata di Jakarta tidak hanya terdapat gedung-gedung pencakar langit saja, ada juga loh tempat bernuansa alam di Jakarta. Yuk segarkan pikiran dengan mengunjungi 7 tempat ini:

1. Taman Suropati

Tempat bernuansa alam di Jakarta yang pertama adalah Taman Suropati, terletak di daerah Menteng, Jakarta Pusat merupakan alternatif asyik untuk menikmati watu bersama teman. Hamparan bunga serta suara burung membuat kita betah berlama-lama di taman. Apalagi di Taman Suropati terdapat air mancur yang menambah kesejukan saat berada disana.

tempat bernuansa alam di Jakarta

Taman Suropati

Jika berkunjung di malam hari, khususnya weekend, kamu bakal disuguhkan aksi seniman jalanan. Yang menarik disana ada semacam pertunjukan band indie, yang disertai parade biola.

Tak hanya seniman di sana banyak juga komunitas yang berkumpul, mulai dari komunitas seni musik dari biola, saksofon, gitar, ada juga komunitas atraksi sepeda, skateboard, dancer. Jadi sekalian nongkrong, Taysters bisa menikmati aksi komunitas ini.

tempat bernuansa alam di Jakarta

Air Mancur Taman Suropati

2. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove yang terletak di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara menjadi kawasan adem yang enak banget dikunjungi salah satu tempat bernuansa alam di Jakarta. Keren kan Jakarta yang sudah penuh dengan bangunan-bangunan tinggi menjulang, tapi punya hutan. Terdapat banyak pohon bakau di hutan mangrove ini.

tempat bernuansa alam di Jakarta

Hutan Mangrove

Hutan Mangrove  atau dikenal juga dengan Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk memang jadi pilihan tepat buat Taysters yang ingin menikmati angin sepoi-sepoi di tengah hutan mangrove dengan suasana rapi dan modern. Disini Taysters juga bisa menyewa perahu untuk mengarungi perairan di sepanjang hutan mangrove.

3. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu menjadi favorit tempat bernuansa alam di Jakarta yang sering dikunjungi di waktu libur. Tidak perlu jauh untuk merasakan kehangatan matahari di tepi pantai, kamu bisa datangi tempat ini bersama keluarga ataupun teman-temanmu.

Seperti namanya, banyak sekali pulau-pulau di kepulauan seribu yang menyajikan keindahan laut. Dari mulai Pulau Tidung, Harapan, Pari, Payung, Macan dan masih banyak yang lainnya.

tempat bernuansa alam di Jakarta

Tricks mengunjungi Pulau Payung di Kepulauan Seribu

Salah satu akses favorit menuju Kepulauan Seribu melalui daratan Jakarta adalah melalui Muara Angke. Bila kamu punya uang lebih dan ingin merasakan akomodasi premium bisa ambil alternatif dari pantai marina Ancol.

Di Muara Angke jangan lupa yah, kamu harus datang sekitar jam 6 pagi, karena kapal berangkat sekitar jam 6-7 pagi dari pelabuhan. Jika mau kesana Taysters bisa memilih untuk ikut open trip ataupun jalan sendiri.

tempat bernuansa alam di Jakarta

Kapal menuju Kepulauan Seribu

Baca juga: 10 Tempat Makan Enak di Jakarta dan Bandung

4. Hutan Kota Srengseng

Siapa sangka di Ibukota Jakarta yang hiruk pikuk dengan kendaraan bermotor serta kemacetan terdapat kawasan hutan di Jakarta Barat. Terdapat 4.800 pohon dengan 63 varietas berbeda di Hutan Kota Srengseng. Hutan buatan ini sudah ada sejak tahun 1995 dengan luas 15 hektar.

tempat bernuansa alam di Jakarta

Hutan Kota Srengseng

Kamu cukup membayar 2.000/orang untuk masuk ke Hutan Kota Srengseng dan merasakan kesejukan serta pohon rindang. Hutan di tengah kota ini juga disertai sejumlah fasilitas. Tepat di sebelah lahan parkir, ada kawasan bermain anak yang dilengkapi beragam jenis permainan  seperti perosotan dan jungkat-jungkit.

Tempat bernuansa alam di Jakarta ini berada sekitar 300 meter dari halte Transjakarta Jalan Panjang, dan dari jalur sebaliknya tersedia angkutan kota nomor 24 dan bus Kopaja jurusan Blok M-Meruya.

5. Tribeca Park

Taman seluas 1,5 hektar yang berada di dalam area mall Central Park ini, dapat menyegarkan Taysters saat berkunjung. Taman di dalam mal ini adalah tempat bernuansa alam di Jakarta yang memiliki aneka jenis tanaman, dengan pohon-pohon rindang di area taman, tanaman hias di lingkar luar taman, ada pula beberapa jenis kolam untuk ikan koi dan kura-kura Brazil.

IG: @mspelealu13

Tribeca Park

Saat malam hari tiba, Taysters bisa menikmati atraksi air mancur yang menawang beserta lampu berwarna-warni menjulang setiap jamnya. Di taman ini juga terdapat panggung yang biasa dipakai untuk acara maupun konser musik.

Karena luas dan memberi tawaran kenyamanan, taman ini kerap menjadi ajang kegiatan dan berkumpulnya beragam komunitas. Seperti komunitas costum player, sepeda, yoyo, dance, fotografi, dan komunitas binatang peliharaan.

tempat bernuansa alam di Jakarta

Luas Tribeca Park 1,5 Hektar

Baca Juga: 7 Tempat Ngopi Populer di Jakarta

6. Allianz Eco Park

Jika Taysters jalan-jalan ke bagian utara, tepatnya di Taman Impian Jaya Ancol terdapat tempat wisata alam yaitu Allianz Eco Park. Lahan terbuka hijau ini memiliki luas 34 hektar dan sangat ramah lingkungan.

tempat bernuansa alam di Jakarta

Allianz Eco Park

Sebelumnya Eco Park hanyalah lapangan golf, kini beralih fungsi menjadi taman terbuka dengan beberapa zona. Di sini, pengunjung bisa bersepeda atau berlari keliling taman, berwisata kuliner, bermain kano, bermain outbound, belajar memanah, maupun belajar mengenal lingkungan di Rumah Energi, Rumah Lebah, dan Faunaland. Untuk masuk ke Allianz Eco Park gratis loh, kamu juga hanya perlu bayar tiket masuk Ancol sebesar 25.000.

7. Museum Di Tengah Kebun

Tempat bernuansa alam di Jakarta lainnya yaitu museum tengah kebun. Rumah Sjahrial Djalil memiliki lahan hijau luas serta berisi benda seni dan barang antik dari macanegara dan sekarang dijadikan museum. Untuk berkunjung ke museum yang terletak di Kemang Timur Raya, Jakarta Selatan, kamu harus reservasi jauh-jauh hari dan setidaknya harus ada 7-10 orang dalam sekali kunjungan. Untuk melihat museum ini tidak dikenakan biaya sama sekali, tapi hanya menerima kunjungan hari Sabtu dan Minggu saja.

tempat bernuansa alam di Jakarta

Museum di Tengah Kebun

 

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+