tempat jajan legendaris di Bandung
Posted

Bandung merupakan destinasi wisata yang banyak memiliki pesona. Tidak hanya wisata alam, kuliner pun melimpah disana. Meskipun banyak kuliner kekinian, wisatawan saat sampai di Bandung pasti mencari kuliner legendaris khas Bandung dulu. Bagi Taysters yang mau bernostalgia, berikut 7 tempat jajan legendaris di Bandung :

Roti Bakar Gempol

Sekarang ini sudah banyak banget roti bakar kekinian rasa matcha, ovomaltine, silverqueen dan masih banyak yang lainnya. Tetapi roti bakar jadul seperti roti bakar Gempol selalu dicari. Berdiri sejak tahun 1958, roti bakar asin dan manis merupakan menu utama disini. Untuk rasa manis tersedia rasa coklat, susu, kacang dan selai, sedangkan asin bisa perpaduan antara telur, daging serta keju.

tempat jajan legendaris di Bandung

Roti Bakar Gempol

Tentunya roti Gempol diproduksi sendiri sehingga citarasa nya sangat enak dan lembut. Tersedia roti tawar, manis serta gandum. Tidak hanya roti bakar, disini juga menjual mie yamien. Setiap harinya, tempat jajan legendaris di Bandung ini buka mulai pukul 07.00 hingga 21.00 di Jl. Wetan no. 14, Citarum, Bandung.

Batagor Riri

Batagor merupakan jajanan khas yang sering dicari para wisatawan yang berkunjung ke Bandung. Banyak sekali varian batagor enak di Bandung, tidak terkecuali batagor riri yang legendaris. Sudah 33 tahun batagor riri membuat batagor dengan rasa ikan tenggiri yang nikmat sekaligus menjadi salah satu tempat jajan legendaris di Bandung.

tempat jajan legendaris di Bandung

Batagor Riri

Batagor riri bisa dimakan di tempat atau  pun dijadikan oleh-oleh, karena tersedia batagor beku yang bisa digoreng di rumah. Pusat batagor riri di Bandung ada di Jl. Burangrang no. 41. Sedangkan outlet-outlet lainnya terdapat di Paskal Hypersquare, Sosis Kita, Level Outlet, Mode Plus dan Jl. Kebun Kawung no. 48 Bandung.

Baca juga: Tempat Makan Enak Jakarta dan Bandung

Ronde Alkateri

Bandung identik dengan hawa dingin setiap harinya, maka dari itu cocok sekali mencicipi jajanan legendaris Ronde Alkateri. Sejak tahun 1984, Ronde Alkateri menyediakan dua macam ronde yang berukuran besar dan kecil. Saat menggigit ronde, kamu akan merasakan sensasi gurih kacang tanah yang ada di dalam ronde. Kuah jahe dari wedang ronde membuat perut terasa hangat.

Kamu bisa menemukan tempat jajan legendaris di Bandung ini tepatnya di Jl. Alkateri no. 8 dan Jl. Cibadak no. 99 dan mulai buka pada jam 6 malam.

tempat jajan legendaris di Bandung

Ronde Alkateri

Sumber Hidangan

Kamu suka jajanan manis? Coba mampir ke salah satu tempat jajan legendaris di Bandung yang yang terletak di Jl. Braga no. 20-22. Sumber Hidangan menyediakan banyak sekali jajanan manis. Berbagai cemilan khas Belanda hingga es krim homemade ada disini. Banyak sekali kue tradisional khas Belanda yang bahkan masing asing di telinga kita seperti Moorkoppen, Bokkepootjes, dan Tompoesjes.

tempat jajan legendaris di Bandung

Berbagai macam kue tradisional Belanda di Sumber Hidangan

Tempat jajanan ini sangat legendaris karena sudah ada sejak tahun 1929. Tidak hanya cemilan dan es krim, ada juga makanan seperti nasi goreng, bakmi goreng serta pyunghai.

Baca juga: 5 Cafe Asyik di Bandung Buat Nongkrong

Yoghurt Cisangkuy

Yoghurt Cisangkuy, salah satu tempat jajan legendaris di Bandung yang sudah ada sejak tahun 1976. Tadinya disini hanya menjual yoghurt saja namun dengan berjalannya waktu menjadi tempat wisata kuliner dan nongkrong warga Bandung serta wisatawan. Rasa yoghurt Cisangkuy memiliki rasa yang khas lebih manis dan terdapat aneka potongan buah segar di dalamnya.

tempat jajan legendaris di Bandung

Yoghurt Cisangkuy

Berbagai aneka jajanan seperti kentang goreng, burger, baso, pempek menjadi makanan pedamping saat menikmati yoghurt Cisangkuy. Kamu bisa menemukan tempat jajan legendaris ini di Jl. Cisangkuy no. 66, Bandung

Mie Kocok SKM

Mie kocok adalah salah satu kuliner asli Sunda yang sangat direkomendasikan untuk dicoba ketika mengunjungi kota Bandung.  Mie Kocok SKM yang disebut-sebut sebagai pioner yang mempopulerkan mie kocok sebagai jajanan favorit di Bandung. Berawal pada tahun 1970, alm. Sukirman mulai merintis usaha mie kocok ini, dan kini dikelola oleh anaknya membuat kuliner ini layak menjadi tempat jajan legendaris di Bandung dan wajib dikunjungi.

tempat jajan legendaris di Bandung

Mie Kocok SKM

Kikil untuk mie kocok di rebus cukup lama, sehingga saat dimakan akan terasa kenyal dan lembut di lidah. Kuah mie kocok SKM juga berbeda dengan yang lain, memiliki warna kuning dan mirip dengan kuah soto. Silakan kunjungi kedai Mie Kocok SKM di Jl. Sunda No.38.

Martabak Nikmat Andir

Tempat jajan legendaris yang selalu ramai pengunjung bahkan rela antri terletak di Jl. Jendral Sudirman no. 412, Martabak Nikmat Andir. Kelezatan martabak ini sudah terkenal sejak tahun 1975 dan menu yang paling laris dibeli pengunjung adalah martabak pandan jagung keju. Tidak ketinggalan pula banyak varian rasa lain seperti durian, pisang, nangka, cokelat dan keju susu.

tempat jajan legendaris di Bandung

Martabak Favorit di Martabak Nikmat Andir

Martabak Nikmat Andir memang spesialis martabak manis dan dengan mengikuti zaman banyak juga varian baru seperti green tea, nuttela, dan toblerone. Jam buka Martabak ini yaitu jam 17.00 – 00 tapi tidak jarang juga sebelum waktu tutup martabak sudah habis karena banyak pembeli.