Posted

Yogyakarta dengan keramahan masyarakatnya membuat kota ini sangat disukai traveler untuk menikmati liburan. Kota ini sangat kental akan kebudayaan serta wisata sejarah yang merupakan magnet bagi para wisatawan.

Apalagi sekarang ini, Jogja memiliki daya pikatnya sendiri dengan banyaknya wisata alam maupun belanja yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini list 7 tempat wisata di Jogja yang harus dikunjungi:

Wisata Alam Kalibiru

Tempat wisata di Jogja pertama adalah Wisata Alam Kalibiru. Dikalangan traveler objek wisata ini sedang hits dan terletak di Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Tempat wisata yang berjarak 40 km dari kota Jogja ini menyajikan keindahan waduk Sermo dari atas bukit. Tiket masuk wisata alam Kalibiru  sangat terjangkau, hanya Rp. 5.000.

Wisata Alam Kalibiru

Wisata alam Kalibiru

Tempat wisata di Jogja ini hits karena kamu bisa berfoto dengan latar waduk Sermo dari atas menara pandang rumah pohon. Siapkan uang sekitar 10-15rb untuk naik ke menara pandang ini dan diambil gambar sepuas mungkin oleh petugas wisata tersebut. Tapi ingat saat mau mengambil gambar, siapkan lagi uang 5rb untuk 1 foto yang kamu ambil yah.

Kalibiru-stridefootprint

Spot foto hits di Kalibiru

Tips menuju ke wisata alam Kalibiru usahakan kendaraanmu dalam kondisi prima, karena jalur menuju kesana sangat curam dan terjal.

Candi Prambanan

Candi Hindu terbesar di Indonesia ini merupakan tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Prambanan terletak kurang lebih 17km arah timur Jogja, tepatnya di kecamatan Bokoharjo. Lokasinya hanya sekitar 100 m dari jalan raya Jogja-Solo, sangat gampang menemukan candi ini.

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan memiliki 1000 arca ini membuat kita berdecak kagum. Sambil menyusuri beberapa candi di Prambanan, kalian juga bisa belajar sejarah berdirinya candi ini.

Untuk masuk ke kompleks Candi Prambahan, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp.30.000. Namun jika mau lebih irit Taysters bisa membeli tiket terusan ke Prambanan-Boko seharga Rp. 50.000.

Istana Ratu Boko

Jika kamu membeli tiket terusan Prambanan- Istana Ratu Boko, cukup  naik free shuttle bus dari komplek Prambanan kalian bisa sampai situs Ratu Boko salah satu tempat wisata di Jogja yang tekenal dengan matahari terbenamnya.

Salah satu situs peninggalan yang mempesona di Istana Ratu Boko, Kaputren yg merupakan kolam pemandian bagi keluarga raja. Di sisi utara ini terdapat 7 buah kolam persegi panjang, 5 berukuran besar sedangkan 2 berukuran kecil dan dangkal.

Kolam Pemandian Istana Ratu Boko

Kolam pemandian keluarga raja di Ratu Boko

Usahakan sampai ke Istana Ratu Boko ini sore hari, jadi kamu bisa menikmati momen terbenamnya matahari yang sangat indah.

sunset ratu boko

Sunset di Ratu Boko

Kraton Ngayogyakarta

Jika mau tahu sejarah kesultanan  Yogyakarta maka kalian wajib ke Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.  Lokasi Kraton Jogja berada satu garis lurus dengan Jl. Malioboro. Kompleks Kraton yang sekarang ini masih menjadi tempat tinggal Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Keraton Jogja

Pintu masuk Kraton Ngayogyakarta

Disini kamu bisa melihat benda-benda kuno seperti keramik, lukisan, batik dan lain-lain. Taysters juga bisa melihat upacara adat hingga pertunjukan gamelan. Masuk ke Kraton, kamu hanya cukup mengeluarkan uang Rp. 5000 untuk tiket masuk dan Rp.1.000 jika membawa kamera ke dalam Kraton.

Istana Air Taman Sari

Dekat dari Kraton Yogyakarta, Terdapat wisata Istana Air Taman Sari salah satu tempat wisata di Jogja yang terkenal dengan keindahannya. Dengan tiket masuk hanya Rp.5.000, kamu sudah bisa menikmati tempat bersejarah yg tadinya tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan serta benteng pertahanan.

Istana Air Taman Sari

Kolam pemandian raja di Taman Sari

Seperti di foto ini merupakan kolam pemandian Umbul Binangun khusus untuk Sultan dan Permaisuri saja.

Goa Pindul

Goa Pindul merupakan obyek wisata alam menyusuri goa bawah tanah. Aliran sungai di sepanjang lorong dan keindahan staglatit di langit-langit atas goa menjadikan salah satu tempat wisata favorit traveler. Goa ini terletak di kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul.

goa pindul

Cave tubing di Goa Pindul

Asyiknya kita menyusuri goa dengan ban tubing sehingga bisa menikmati keindahan goa yang memiliki panjang kurang lebih 350 meter. Harga tiket wisata goa Pindul ini adalah Rp. 35.000, terjangkau kan.

Malioboro

Siapa sih yang ga tau Malioboro? Ikon wisata belanja Yogyakarta ini merupakan pilihan utama bagi wisatawan untuk berbelanja oleh-oleh. Sepanjang Jl. Malioboro, kamu bisa membeli berbagai macam batik, kerajinan khas Jogja, tas hingga berbagai macam kuliner.

Malioboro_Street,_Yogyakarta

Jl. Malioboro

Jika tidak mau capek, Taysters bisa menyewa delman atau becak untuk menyusuri Jl. Malioboro hingga ke titik nol kilometer Jogja. Apalagi tukang becak suka menawari untuk berkeliling Jl. Malioboro hanya dengan 5rb saja, murah banget pastinya.

Itu tadi 7 tempat wisata di Jogja yang harus dikunjungi, Jangan lupa, untuk sedia Tricks setiap saat, karena namanya traveling pasti butuh cemilan kan untuk pengganjal perut lapar. Tricks pasti ngetrip!

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+