Posted

Gula merupakan pemanis maupun penyedap rasa untuk setiap makanan dan perlu diketahui banyak sekali berbagai jenis gula yang mungkin Taysters belum tahu. Setiap variasi gula memiliki cita rasa manis namun dengan karakter berbeda tergantung dari bahan dasarnya. Yuk simak delapan macam jenis gula yang perlu Taysters tahu:

1. Gula Pasir

Gula pasir adalah gula yang paling sering Taysters temukan di manapun seperti pasar tradisional maupun supermarket. Karena paling sering dipakai, gula pasir juga menjadi gula yang paling disukai semua orang.

gula pasir

2. Gula Coklat

Gula halus dengan sejumlah kecil sirup yang ditambahkan ke dalam gula. Gula coklat ini mempunyai cita rasa karamel yang kuat dan merupakan salah satu jenis gula yang lengket dan basah. Gula ini juga digunakan dalam pembuatan saus gurih.

gula coklat

3. Gula Caster

Berbeda dengan gula pasir, gula caster lebih halus dan sering digunakan untuk pembuatan kue, minuman cocktail dan sirup. Ini dikarenakan, gula jenis ini dapat larut dengan cepat.

caster sugar

4. Gula Mutiara

Gula mutiara bisa  ditemukan saat pergi ke Skandinavia. Kue-kue di sana menggunakan taburan gula mutiara di atasnya sebagai hiasan. Gula mutiara sangat bagus untuk mempercantik makanan loh.

gula mutiara

5. Gula Turbinado

Gula turbinado berasal dari tebu mentah yang mengalami sedikit penyulingan. Gula ini juga memiliki kristal seperti gula coklat. Gula turbinado sering digunakan sebagai pemanis minuman karena rasa karamelnya yang halus. Gula ini juga dapat digunakan untuk membakar kalori.

turbinado sugar

6. Gula Tebu

Gula tebu memiliki warna yang lebih gelap. Dibandingkan dengan gula pasir, gula tebu relatif lebih mahal. Hal ini karena proses yang dilalui cukup rumit. Terkadang gula tebu bisa digunakan sebagai alternatif pengganti gula pasir.

cane sugar

7. Gula Merah

Gula aren awalnya dibuat dari getah kurma atau palma dan berwarna merah. Tetapi saat ini gula jenis ini sudah dibuat dari getah aren sehingga lebih dikenal dengan gula aren. Biasanya digunakan untuk rujak.

gula merah

8. Gula Demerara

Gula jenis ini termasuk gula yang proses pembuatannya mudah. Ini adalah gula tebu dengan butiran yang lebih besar dengan rasa yang halus. Gula ini berwarna kuning dan sering menjadi topping saat dipanggang.

demarara sugar

Nah Taysters gimana info nya tentang jenis-jenis gula? Semoga bermanfaatnya untuk menambah info dan pengetahuan untuk memasak dirumah.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+