Posted

Biasanya sehabis makan siang apa yang kamu lakukan, Taysters? Berjalan kaki atau menyantap buah sebagai pencuci mulut adalah hal paling umum yang dilakukan orang setelah makan. Namun, ternyata hal itu tidak baik untuk tubuh!

Menurut para ahli, sistem pencernaan seseorang cukup kuat untuk mencerna apapun yang dikonsumsi selama makan siang atau setelahnya. Sistem ini memiliki kemampuan untuk mencerna makanan dengan benar, menyerap semua nutrisi penting, dan memberikan energi kembali.

Namun pada saat yang sama, sistem pencernaan juga sangat sensitif dan tidak dapat melakukan fungsinya jika terhalang oleh apapun. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya jangan dilakukan setelah menyantap makan siang, seperti dikutip laman Bold Sky.

1. Menyikat gigi

Jika saat makan siang menyantap makanan yang mengandung asam sitrat, sebaiknya jangan menggosok gigi setelahnya karena enamel akan mudah terhapus dari gigi jika kamu menyikatnya.

2. Terlalu banyak minum air

Hal lain yang tidak boleh dilakukan setelah makan siang adalah meminum terlalu banyak air karena hal ini akan mengganggu proses pencernaan dan akan menyebabkan sakit perut.

3. Merokok

Cukup banyak orang yang memilih untuk merokok setelah menyantap makan siang, namun sirkulasi darah dalam sistem percernaan tinggi setelah makan jadi jika bahan dari rokok diserap masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan kerusakan lebih lanjut ke paru-paru dan ginjal.

4. Berjalan kaki dan naik tangga

Berjalan kaki setelah makan juga akan menggangu proses pencernaan untuk mncerna semua nutrisi yang terkandung dalam makanan yang disantap. Naik tangga juga akan melemahkan cairan pencernaan dalam perut yang menyebabkan keasaman.

5. Mengemudi

Pencernaan membutuhkan sejumlah besar darah sehingga akan berdampak pada konsentrasi di otak yang menurun, oleh karenanya mengemudi setelah makan berat berbahaya bagi kehidupan.

6. Tidur

Pergi tidur setelah makan akan membuat pencernaan terganggu sehingga menyebabkan masalah pencernaan.

7. Minum teh

Daun teh memiliki jumlah asam yang dapat menghalangi pencernaan kandungan protein dalam makanan yang dikonsumsi. Minum teh akan menghambat percernaan.

8. Mandi

Jika kamu mandi setelah makan, aliran darah akan meningkat ke tangan, kaki, dan tubuh namun menurun ke arah perut sehingga membuat pencernaan melambat dan membuat sakit.

9. Ngegym dan berenang

Melakukan olahraga setelah makan akan berdampak pada metabolisme tubuh dengan menurunnya aliran darah dan menyebabkan sulitnya mencerna nutrisi dari makanan.

10. Makan buah

Mengkonsumsi buah setelah makan besar akan membuat perut penuh dengan udara sehingga menyebankan perut kembung dan bergas.

Hal terbaik yang seharusnya dilakukan setelah makan adalah duduk santai selama 15 sampai 20 menit sehingga sistem pencernaan bisa melakukan tugasnya dengan baik.

 

photo by: foodtrail.files.wordpress.com

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+