Posted

Nasi merupakan sumber makanan utama di beberapa negara khususnya Asia termasuk Indonesia adalah salah satu kuliner makanan yang harus ada disetiap jam makan setiap orang. Tak hanya disajikan menjadi nasi putih hangat, nasi bisa disajikan dengan berbagai variasi yang berbeda.

Di beberapa negara, olahan nasi ini sangat beragam dan unik. Yuk Taysters, simak berbagai olahan nasi dari berbagai negara dikutip dari Daily Meal.

Biryani

Asli kata Biryani dari bahasa Persia yang berarti Fried.  Nasi Biryani memang makanan yang berasal dari Persia (Iran).  Tergolong makanan utama atau main course dan biasa dihidangkan sebagai menu makan siang atau makan malam di berbagai belahan dunia.  Dewasa ini penduduk Timur Tengah, India, Pakistan, sangat akrab dengan makanan ini.  Nasi Biryani terdiri atas bahan utama Beras, biasanya digunakan beras basmati (beras India)   Hidangan ini merupakan campuran dari beras basmati yang panjang, daging, sayuran, dan rempah-rempah. Biasanya nasi biryani terdapat dalam dua pilihan, yaitu isi ayam atau isi kambing.

Biryani Rice-Taysbakers

photo by: http://www.babudelivery.ca/

Paella

Paella adalah makanan yang berasal dari Spanyol berupa nasi yang diberi bumbu rempah dan diberi campuran hasil laut seperti udang, cumi dan kerang. Namun ada juga variasi lainnya yang disajikan dengan daging ayam atau kelinci dan kacang-kacangan. Makanan ini berasal dari wilayah Valencia dan disajikan terutama pada hari Minggu dan perayaan Falles.

Paella-Taysbakers

photo by: flickr.com

Bibimbap

Jika Taysters penyuka segala kebudayaan Korea pasti tahu dong makanan khas dari Korea Selatan ini. Bibimbap secara harfiah berarti nasi campur. Kuliner asal Korea Selatan ini disajikan dalam mangkuk panas yang didalamnya berisi nasi, sayuran, pasta cabai, pasta kacang kedelai, dan telur. Untuk menikmatinya, semua bahan yang ada dalam mangkuk yang sudah tersusun cantik itu harus dicampur secara merata.

Bibimbap-Taysbakers

photo by: flickr.com

Risotto

Selain pizza dan pasta, risotto merupakan hidangan Italia yang sangat popular. Bahan dasar risotto adalah nasi, seperti makanan pokok Indonesia. Hanya saja beras yang digunakan bernama Arborio Rice yang butirannya lebih pendek dan gendut dibandingkan dengan beras yang ada di Indonesia. Jika dimasak beras Arborio akan menghasilkan tekstur creamy yang lembut. Dahulu kesan bahwa risotto adalah nasi yang dimasak seperti nasi kurang tanak, tetapi anggapan tersebut keliru. Terlihat sederhana namun sangat mengenyangkan.

Risotto-Taysbakers

photo by: http://www.taste.com.au/

Xôi Ngũ Sắc

Sajian dari beras ketan ini menjadi makanan di pedesaan Vietnam. Yang membuat hidangan ini unik adalah nasinya yang berwarna-warni. Warna ungu yang dominan didapat dari tanaman magenta, warna hijau dari daun pandan, dan pewarna alami lainnya.

Xio Ngu Sac-Taysbakers

photo by: http://media.lamsao.com/

Nasi Kuning

Nasi Kuning merupakan hidangan khas Indonesia yang memiliki rasa yang gurih karena beras dimasak dengan santan kelapa. Warna kuningnya yang menggugah selera didapat dari campuran kunyit. Biasanya nasi kuning disajikan dengan banyak lauk mulai dari tempe, tahu, telur, hingga ayam dan tak lupa sambal serta kerupuk. Selain itu nasi kuning juga biasa disajikan untuk acara-acara khusus dan warnanya yang kuning menyimbolkan emas dan berarti membawa keberuntungan.

nasi kuning-taysbakers

photo by: http://resepnasional.com/

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+