Posted

Kandungan buah pisang yang terdiri dari mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein, lemak, dan lain-lain, nah dengan makan buah pisang sudah dapat mencukupi gizi tubuh. Pilihlah pisang yang sudah matang agar mudah dicerna.
Berikut berbagai manfaat pisang yang kami rangkum dari doktersehat & PdPersi :

Sumber Tenaga

Gula yang terdapat di buah pisang setelah dicerna diubah menjadi sumber tenaga, dan baik dalam pembentukan tubuh, kerja otot dan menghilangkan rasa lelah.

Untuk Penderita Anemia

Dalam “Medicinal Uses of Bananas” (www.banana.com, 2002) menyebutkan, bahwa pisang mempunyai manfaat dalam penyembuhan anemia. Karena mengandung Fe (zat besi) tinggi, penderita anemia disarankan makan 2 buah pisang setip hari.

Untuk Ibu Hamil

Pisang juga disarankan untuk para wanita hamil karena mengandung asam folat, yang mudah diserap janin melalui rahim. Tetapi, jangan berlebihan, sebab satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori.
Untuk Penyakit Usus dan Perut
Campur pisang dengan susu cair atau kedalam segelas susu cair dapat digunakan sebagai obat penyakit usus.

Sakit Perut dan Asam Lambung

Pisang dapat mengobati sakit perut dan untuk menetralkan keasaman lambung. Pisang berfungsi sebagai pertahanan terhadap inflamasi karena Vitamin C dapat cepat diproses. Ia mentransformasikan bacillus berbahaya menjadi bacillus yang bersahabat. Krim pisang yang seperti makanan bayi, dapat dikonsumsi oleh pasien yang menderita diare.

Untuk Penderita Lever

Untuk penderita penyakit lever dapat menambah nafsu makan dengan mengkonsumsi pisang 2 buah dengan satu sendok madu.

Luka Bakar

Untuk luka bakae dapat menggunakan daun, caranya dengan mengoleskan campuran abu daun pisang dengan minyak kelapa karena dapat mendinginkan kulit.

Diabetes

Masyarakat Gorontalo (Sulawesi Utara), jenis pisang goroho, pisang khas daerah setempat, adalah makanan tambahan atau makanan pokok bagi penderita penyakit gula (diabetes mellitus), terutama buah pisang goroho yang belum matang,yang dikukus dan dicampur kelapa parut muda.

Kecantikan

Pisang dapat digunakan sebagai masker wajah, membuat kulit wajah tidak berminyak dan bersih. Campurkan bubur pisang dengan sedikit susu dan madu, yang dioleskan pada wajah secara teratur selama 30-40 menit setap harinya. Lalu basuh dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin atau es, diulang selama 15 hari.

Mengatur Bobot Badan

Pisang dapat digunakan untuk penurunan berat badan dan juga untuk menaikkan berat badan. Berdasarkan sumber, telah terbukti seseorang kehilangan berat badan dengan berdiet 4 (empat) buah pisang dan 4 (empat) gelas susu non fat atau susu cair per hari sedikitnya 3 hari seminggu, jumlah kalori hanya 1250.
Dan mengkonsumsi satu gelas banana milk-shake dicampur madu, buah-buahan, kacang, dan mangga sesudah makan, akan menaikkan berat badan.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+