Posted

Menu berbuka puasa seperti kolak, es campur, bubur sum sum pasti sering disajikan saat bulan Ramadhan di Indonesia. Nah, kalau di luar negeri masyarakat yang menjalankan ibadah puasa menu santap saat berbuka puasa apa yah? Kira-kira ada ga yah kesamaan rasa dan variasi makanan dengan Indonesia? Yuk intip berbagai menu buka puasa khas dari berbagai negara dan bisa menjadi inspirasi Taysters untuk sajian buka puasa dirumah nanti

Lebanon

Menu sajian berbuka puasa khas Lebanon yang sangat terkenal adalah Salad Mezze. Disajikan dengan humus, kacang kering serta campuran daging yang telah dipanggang. Selain itu masyarakan Lebanon sangat suka mengonsumsi Falafel saat berbuka puasa. Falafel berbentuk seperti kroket di Indonesia dan berbahan dasar kacang kering. Meskipun makanan ini diyakini berasal dari Mesir, tetapi sekarang sudah terkenal di berbagai Negara Timur Tengah seperti Lebanon.

Salad Mezze dan Falafel

Salad Mezze dan Falafel (Foto: vegansparkles)

Turki

Turki sama seperti Indonesia yang merupakan negara dengan mayoritas umat muslim. Di kota besar seperti Istanbul, hampir semua restoran dan rumah makan menawarkan paket berbuka selama bulan Ramadhan. Hidangan berbuka puasa di Turki biasanya terdiri dari set menu yang terdiri dari beberapa makanan yang memang tersaji hanya ketika bulan puasa tiba. Sup iftariye, roti pide, pastirma, sujuk serta beragam kue yang disebut borek. Untuk hidangan pencuci mulut, Turki punya sajian andalan yang diberi nama güllaç yang terbuat dari air mawar.

Turkish Breakfasting

Turkish Breakfasting (foto: wikimedia)

Yordania

Di negara Yordania terdapat dua jenis  makanan yang tidak boleh terlewatkan masyarakat Yordania saat  berbuka puasa. Mereka merasa kurang lengkap jika berbuka puasa tanpa menyantap mansaf atau qatayef. Mansaf merupakan menu utama karena porsi hidangan ini berisi daging domba yang dibumbui dengan rempah-rempah serta disajikan dengan nasi yang berwarna kuning. Kemudian qatayef, makanan ini termasuk jenis kue. Bentuk qatayef menyerupai kue serabi yang disajikan dengan kayu manis dan berisi kacang kenari dan gula.

mansaf

 

Mansaf (Foto: Blacktomato)

Pakistan

Masyarakat Pakistan merasa kurang lengkap jika tidak mengonsumsi samosa kala berbuka puasa. Samosa merupakan makanan khas Pakistan yang memiliki bentuk menyerupai bentuk pastel di Indonesia namun lebih terlihat segitiga. Samosa umumnya diisi dengan berbagai bahan isian antara lain kentang pedas, bawang bombai, kacang-kacangan, daging domba atau daging sapi atau daging ayam yang dicincang.

samosa

Samosa (Foto: eloog)

India

Di India, Islam merupakan agama terbesar kedua setelah Hindu. Di daerah-daerah tertentu saat bulan Ramadhan miliki makanan favorit untuk menemani buka puasa. Salah satunya di daerah Hyderabad, dengan menu favorit Hyderabadi Haleem. Sejenis bubur gandum dengan citarasa yang pedas, gurih, dan biasanya disajikan dengan potongan daging domba.

Haleem

Hyderabadi Haleem (Foto: UmamiKitchen)

Itu tadi berbagai menu khas berbuka puasa diberbagai negara. Semoga bisa menginsipirasi Taysters yah dalam menyajikan menu buka puasa.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+