Posted

Hampir semua daging bisa dijadikan sate seperti ayam, kambing, sapi, kelinci, hingga kuda.  Kalau kamu sering memakan sate, udah tahu belum tentang awal mula sate menjadi warisan kuliner Indonesia?

Sate atau satai diperkirakan berasal dari bahasa Tamil dan mulai ada menjadi makanan kaki lima di Jawa sekitar abad ke-19. Apalagi saat itu banyak sekali pendatang Arab serta Muslim Tamil dan Gujarat dari India ke Indonesia. Ini juga yang bikin daging kambing populer dibuat menjadi sate.

Tidak hanya di Jawa, makanan sate ini menyebar ke seluruh Nusantara dan memiliki perbedaan cita rasa hingga daging yang di pakai seperti berikut ini:

Sate Madura

Sate Madura sendiri sering kita temui dimana-mana. Sate ini terbuat dari daging ayam atau kambing dan menggunakan bumbu kacang atau kecap sebagai pelengkap. Paling enak sate Madura disantap dengan lontong dan acar.

sate-ayam-khas-madura

Sate Ayam Madura

Sate Padang

Ciri khas sate ini terletak pada saus kuah kuning yang terbuat dari tepung beras yang dicampur kaldu daging serta rempah-rempah. Untuk daging yang digunakan juga hanya menggunakan jeroan sapi.

sate-padangSate Padang

Sate Lilit Bali

Sajian khas yang terbuat dari daging cincang yang dibumbui rempah-rempah lalu dililit dengan batang sereh. Sate lilit biasanya disajikan bersama lauk dan sayuran lain pada nasi campur khas Bali.

sate-lilit

Nasi Campur dengan Sate Lilit

Sate Buntel

Solo juga mempunyai sate khas yaitu sate buntel. Jika sate lilit dari Bali cenderung kecil, beda lagi dengan sate buntel ini. Daging cincang sapi atau kambing dililitkan di tusukan bambu dengan ukuran yang besar. Agar daging melekat sempurna harus dibungkus dengan lemak tipis dari daging.

sate-buntel

Sate Buntel

Sate Bandeng

Sate tidak hanya bisa dibuat dari daging, ada juga loh yang terbuat dari ikan. Sate khas Banten ini  terbuat dari ikan Bandeng tanpa duri dan tulang. Bandeng yang dibumbui dipisahkan dari duri, lalu dimasukkan kembali ke dalam kulit ikan bandeng, dijepit dengan bambu, lalu dipanggang di atas arang.

gurihnya-sate-bandeng-banten

 

Sate Bandeng

Nah kalo kamu suka sama sate, tapi cuma pengen ngemil aja bisa dicoba Tricks Asian BBQ. Cita rasa dari sate menyatu dengan snack kentang yang renyah ini.

tricks_-_sate

Tricks Asian BBQ

Sekarang kalian jadi tahu kan asal muasal serta berbagai macam sate dari berbagai belahan Nusantara Indonesia. Kira-kira kalian sudah coba sate apa aja nih Taysters?

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+