Posted

Terkadang kita tidak pernah menyadari arti sebenarnya mengenai tanggal kadaluarsa (Expired Date), dan akhirnya menjadikan banyak makanan yang terbuang.

Mungkin kita bisa memperhatikan Informasi tanggal kadaluarsa makanan yang tercantum pada produk :

“Used by”  & “Best by”, adalah tanggal yang menentukan kesegaran makanan dikonsumsi.

“Sell by”, adalah tanggal penjualan atau pembuatan makanan bagi produsen dan pengecer, bukan konsumen.

“Expiry/Expiration/Exp. date”, adalah tanggal kadaluarsa produk

Kebanyakan produsen mulai menjual barang-barang mendekati tanggal tersebut. Yang lucu adalah, orang benar-benar menyukai makanan yang akan berakhir nanti diskon. Sebelum Anda membuang makanan hanya karena tanggal yang tercantum, belajar tentang pedoman untuk periode kesegaran makanan tertentu, seperti diulas The Vivant:

Berikut panduan untuk beberapa makanan tertentu.

Telur

Telur yang di simpan di dalam kulkas, masih segar selama 3-5 minggu setelah pembelian.

Makanan Kaleng

Makanan kaleng, masih segar selama satu tahun seperti yang tercantum pada tanggal kadaluarsa, Dan ada beberapa pendapat bahwa makanan kaleng akan baik-baik saja bahkan setelah tanggal kadaluarsa, karena makanan kaleng dikemas vakum (hampa udara) maka daya tahannya bisa lebih lama untuk dikonsumsi.

Apel

Kesegaran buah apel akan bertahan dan tetap renyah selama tiga minggu bila disimpan di dalam kulkas. dan jika apel dimasak dan kemudian dibekukan, daya tahannya bisa sampai delapan bulan.

Sereal

Sereal yang biasa kita siapkan dan sajikan untuk sarapan bisa bertahan sampai 12 bulan, bahkan jika sereal dimakan telah melewati tanggal kadaluarsa, tidak akan menyebabkan sakit.

Daging

Untuk konsumsi daging sangat disarankan 3-5 hari setelah membelinya. Dan jika dibekukan, nutrisi & kesegaran daging akan bertahan selama 2 bulan atau lebih.

 

Photo by: freedigitalphotos.net

 

 

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+