Posted

Makan malam merupakan dilema besar bagi hampir semua orang karena takut bobot tubuh yang bertambah setelah makan malam. Tetapi jika tidak makan, perut akan berbunyi kelaperan di malam hari.

Yap, ketakutan akan gemuk memang wajar karena setelah makan malam, kita akan tidur dan tubuh akan berhenti mencerna makanan saat tidur.Tapi kamu ga perlu khawatir, ada beberapa tips agar kamu tetap bisa menikmati makan makan tanpa takut gemuk.

Berikut ini 5 tips makan malam anti gemuk buat kamu:

1. Makan di Meja Makan

Saat makan di depan televisi, pastinya fokus kita lebih ke televisi daripada makanan yang kita konsumsi. Nah, kamu jadi tidak berasa sudah berapa banyak total porsi yang telah dihabiskan saat makan malam. Lebih baik makan di meja makan karena kamu bisa mengatur porsi secukupnya tanpa keluar batasan.

Happy family

Lebih baik makan malam di meja makan

2. Makan Camilan

Kalau kamu tidak mau makan berat bisa memakan camilan untuk mengatasi lapar saat malam hari. Bisa pilih biskuit gandum atau keju rendah lemak. Ada nih camilan enak tapi ga bikin gemuk, Tricks. Satu pack Tricks hanya mengandung kurang dari 100 kalori loh. Pastinya ga perlu khawatir ngemil Tricks saat malam hari kan.

timbangan

Less than 100 calories

3. Konsumsi Protein

Mengonsumsi sumber protein sangat bagus untuk tubuh kita seperti ikan, ayam, jamur, telur dan lainnya. Seperti mengonsumsi ikan bakar sebagai menu makan malam sangat baik untuk tubuh kita, daripada digoreng.

Cara memasaknya dengan digoreng, bisa meningkatkan kalori makanan jadi dua kali lipat. Ikan memiliki kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya, yang sangat baik untuk dikonsumsi.

Grilled-Fish

Grilled Fish

4. Hindari Mengonsumsi dari Microwave

Makanan paling enak disantap saat masih hangat, tapi menyantap makanan beku yang dihangatkan dalam microwave bukan pilihan sehat. Karena dapat membuat makanan jadi tidak segar dan berkurang kandungan nutrisinya.

Taysters harus menghindari makanan dari microwave, karena makanan segar mengandung kalori yang lebih rendah, dan sangat aman dikonsumsi di malam hari.

microwave

Hindari memanaskan makanan beku di microwave

5. Makan Malam Lebih Awal

Untuk antisipasi banyaknya timbunan kalori sebelum tidur, siasati dengan mengatur jadwal makan malam lebih awal. Sebaiknya makan sebelum jam 7 malam. Hal ini berguna untuk memberikan jeda waktu lebih lama tubuh untuk mencerna makanan.

Sebelum jam 7 malam

Makan sebelum jam 7 malam

Itu tadi beberapa tips makan malam anti gemuk yang bisa Taysters coba lakuin untuk menjaga pola hidup sehat. Semoga bermanfaat!

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+