Posted

Di Indonesia ada banyak jenis makanan yang menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya seperti sop konro, rawon, tongseng daging, tapi yang paling menarik dan sering dicari banyak orang pasti rendang. Salah satu masakan tradisional khas Sumatera Barat ini berupa daging bercita rasa pedas dengan bumbu rempah-rempah & santan.

Keunikan yang terdapat pada rendang adalah bumbu alami yang digunakan memiliki sifat antiseptik, sehingga bisa berguna sebagai pengawet alami. Bumbu lain juga diketahui punya aktivitas antimikroba yang kuat, tidak heran jika rendang bisa bertahan selama 3 bulan di udara terbuka. Ga sampai disitu, rendang pun memiliki banyak sekali kelebihan lain yang bahkan kita sendiri bakal tercengang kagum pas tahu bahwa:

  • Rendang masuk dalam posisi pertama dalam The World’ s 50 Delicious Food versi CNN Internasional. Bangga banget kan jadi orang Indonesia makanan asli kita jadi makanan terenak di dunia.
  • Makanan khas ini merupakan olahan kreatif masyarakat Sumatera Barat yang dulunya disajikan untuk raja dan kalangan bangsawan.
  • Masak rendang juga ga boleh sembarangan. Jika masaknya pakai api kecil cuma sebentar hanya akan jadi kari daging. Bila dimasak terus akan menjadi kalio daging yang agak berminyak dan dimasak lebih lama lagi selama 8 jam baru jadi rendang.
  • Filosofi yang terkandung dalam makanan khas masyarakat Minang ini memiliki makna posisi hidup bermasyarakat berdasarkan tingkatannya yaitu:
  • Dagiang (daging sapi), merupakan lambang dari Niniak Mamak (para pemimpin suku adat)
  • Karambia (kelapa), merupakan lambang Cadiak Pandai (Kaum Intelektual)
  • Lado (cabai), merupakan lambang Alim Ulama yang tegas untuk mengajarkan syarak (agama)
  • Pemasak (bumbu), merupakan lambang dari keseluruhan masyarakan Minang
  • Rendang ternyata udah melanglang buana dan eksis sejak sebelum adanya kerajaan Adityawarman, kurang lebih abad ke-8.
  • Dipercaya bahwa pada abad ke-14, sudah banyak orang-orang India yang tinggal di daerah Sumatera Barat. Bumbu serta rempah-rempah sudah diperkenalkan oleh orang-orang India. Ada juga dugaan yang mengatakan bahwa masakan kari yang sudah menjadi makanan khas India dan diperkenalkan pada abad ke-15 merupakan dasar dari rendang.
  • Awalnya rendang dibuat karena masyarakat Minang butuh makanan untuk dibawa lebih dari 2 bulan. Seperti diketahui, masyarakat Minang suka merantau termasuk untuk bekal naik haji. Perjalanan menuju Mekkah zaman dahulu bisa berbulan-bulan menggunakan kapal laut, makanya diawetkan dengan cara dikeringkan.
  • Secara global, rasa rendang banyak disukai khususnya di daerah Eropa karena terdapat cita rasa mediteranian Eropa Timur & India. (Source: http://www.bubblews.com/posts/unique-facts-about-food-rendang)

Pantes banget kan kalo rendang jadi makanan terenak di dunia secara masyarakat Sumatera Barat mengolahnya dengan telaten selama 8 jam dan menggunakan banyak bumbu rempah-rempah. Nah kalo kamu suka rendang, tapi ribet masaknya mesti 8 jam ada nih camilan yang oke bgt. TRICKS RENDANG ! Makan ini bakal ngingetin kamu sama yang punya cita rasa gurih & pedas khas Sumatera Barat.

tricks_rendang (1)

 

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+