Posted

Makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, bisa menimbulkan penyakit lho. Telapak tangan dan kuku kita dipenuhi bakteri atau kuman setelah kita bersentuhan atau memegang benda.

Kebiasaan tidak mencuci tangan, sebelum makan terlebih tidak memakai sabun bisa menyebabkan beberapa penyakit, seperti diare, cacingan, alergi, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Mencuci tangan diharuskan dengan sabun dan air yang mengalir agar lebih efektif membunuh kuman. Untuk sabun, bisa menggunakan jenis sabun apapun untuk mencuci tangan, namun jika keadaan yang tidak memungkinkan adanya air, bisa dengan  tisu basah atau sanitizer, dan itu hanya sementara, jika sudah ketemu air mengalir langsung cuci tangan lagi.

Biasakan mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan, sebelum makan dan juga sesudah makan. Dari hal kecil tersebut kita sudah bisa mencegah setidaknya sedikit bakteri atau kuman masuk tubuh kita.

Berikut cara tepat mencuci tangan yang dapat kita lakukan, bagian telapak tangan dibersihkan dengan sabun, lalu punggung tangan, sela-sela jari dan kuku, setelah dibilas dengan air yang mengalir, keringkan dengan tisu lalu tutup keran dengan siku atau tisu agar tangan kita tetap steril.

Photo : gizikia.depkes.go.id

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+