Posted

Tempat wisata alam di Indonesia bermacam-macam, dari mulai pantai, gunung, air terjun, pulau. Tidak hanya itu, Indonesia memiliki wisata api abadi. Abadi disini diartikan tidak pernah mati atau padam, sama seperti namanya wisata api abadi ini tidak pernah padam sekalipun.

Meskipun api tersebut terkena air hujan, angin hingga badai tetap saja tidak padam. Daripada penasaran, berikut ini 5 wisata api abadi di Indonesia yang wajib di kunjungi:

1. Blue Fire Kawah Ijen

Blue fire di Kawah Ijen, Banyuwangi merupakan fenomena api abadi berwarna biru yang muncul dari celah-celah tebing Kawah Ijen pada malam hari. Blue fire terjadi akibat pembakaran sempurna antara senyawa asam yang secara alami dihasilkan oleh Gunung Ijen dengan oksigen.

Wisata Api Abadi

Blue Fire, Kawah Ijen Banyuwangi

Selain menakjubkan blue fire ini sangat langka. Kita harus bangga sebagai orang Indonesia, karena blue fire diketahui hanya ada dua di dunia, Indonesia dan Islandia.

2. Kayangan Api Bojonegoro

Di Bojonegoro, Jawa Timur, terdapat fenomena alam berupa api yang tak kunjung padam sejak zaman Majapahit yang bernama Kayangan Api, Konon api ini muncul karena unsur mistis.

Mbah Djuli, juru kunci Kayangan Api menuturkan, dulu terdapat seorang pembuat benda pusaka Kerajaan Majapahit bernama Mbah Kriyo Kusumo. Setelah bertahun-tahun membuat benda pusaka di perkampungan, Mbah Kriyo Kusumo kemudian bertapa dan tirakat di tengah hutan.

Mbah Kriyo Kusumo membawa api dan menyalakannya di bebatuan, tepat di sebelah tempatnya bersemedi. Api  tersebut menyala hingga saat ini dan menjadi seperti sekarang, Kayangan Api.

Kayangan Api Bojonegoro

Sedangkan secara ilmiah, api tersebut bersumber dari gas bumi yang tersulut api sehingga terus menyala. Memang, perut bumi di kawasan tersebut mengandung gas dan minyak bumi yang cukup banyak.

Baca juga: 5 Wisata Ekstrem di Indonesia

3. Api Abadi Bekucuk

Beralih lebih ke timur Jawa, ada api abadi Bekucuk. Api abadi Bekucuk berada di Dusun Bekucuk, Desa Tempuran, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.Wisata api abadi lainnya terletak di Dusun Bekucuk, Tempuran, Mojokerto.

Wisata Api Abadi

Api Abadi Bekucuk

Api abadi ini baru ditemukan paddata tahun 1993, namun menurut penduduk setempat api abadi Bekucuk sudah ada ratusan tahun lalu. Penduduk menyakini api abadi Bekucuk sudah ada dari masa kerajaan Majapahit untuk membuat keris dan senjata.

Untuk melihat keindahaan api abadi ini, kamu sebaiknya datang di malam hari karena api yang keluar lebih terang dan indah dikala gelap.

4. Api Tak Kunjung Padam, Pamekasan

Keunikan dari wisata api abadi tak kunjung padam di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur ini adalah semburan api yang berasal dari bawah permukaan tanah atau perut bumi. Hebatnya, meski diguyur air, api di sini akan tetap menyala.

Wisata Api Abadi

Warga memanfaatkan Api Tak Kunjung Padam

Keajaiban api abadi ini sudah sangat terkenal khususnya bagi masyarakat Madura. Tidak heran jika setiap harinya tempat ini ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran ingin melihat langsung semburan api menyembur dari celah tanah.

Baca juga: 5 Destinasi Traveling Hits 2017

5. Pantai Tanjung Api

Wisata api abadi ini sangat unik karena berada di pantai Tanjung Api yang terletak di Teluk Tomini, Ampana, Sulawesi Tengah. Sekilas pantai ini memang tampak biasa, tapi pada pasir pantai jika kamu menggali pasir di kedalaman tertentu akan keluar gas yang bila di sulut api akan menyala.

Wisata Api Abadi

Tanjung Api

Itu tadi fenomena alam yang berasal dari potensi alam Indonesia yang kaya akan sumber gas bumi yang menciptakan api abadi yang menarik dan menakjubkan. 5 wisata api abadi ini bisa kamu jadikan list untuk pergi traveling nanti.

 

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+